Saturday, May 28, 2011

Kampus UTM

    Universitas Trunojoyo adalah perguruan tinggi negeri yang terletak di Kabupaten Bangkalan(Madura), Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Universitas Trunojoyo(Unijoyo) menjadi perguruan tinggi negeri berdasarkan Keputusan Presiden tanggal 5 Juli2001. Perguruan tinggi ini diresmikan pada tanggal 23 Juli2001 oleh PresidenAbdurrahman Wahid. Di Jawa TimurUniversitas Trunojoyo merupakan Perguruan Tinggi Negeri ke-7.

    Universitas Trunojoyo merupakan kelanjutan dari Universitas Bangkalan Madura (Unibang) yang ‘berubah statusnya’ dari Perguruan Tinggi Swasta menjadi Perguruan Tinggi Negeri, berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) RI Nomor 85 Tahun 2001 Tertanggal 5 Juli 2001.
Kampus UTM


    Peresmian berlangsung pada tanggal 23 Juli 2001. Dalam sambutannya Abdurrahman Wahid sebagai Presiden Republik Indonesia pada waktu itu, mengatakan bahwa salah satu keinginan Masyarakat Madura untuk memiliki Universitas Negeri telah tercapai. Yang kedua, keinginan lainnya agar pulau Madura dihubungkan dengan pulau Jawa, telah dilaksanakan pencanangan pemancangan Jembatan Suramadu oleh Presiden Megawati pada tanggal 20 Agustus 2003.

    Keberadaan Universitas Trunojoyo seperti kondisinya yang ada saat ini, masih dalam tahap pembenahan-pembenahan mendasar, seperti renovasi gedung perkuliahan, kantor administrasi kantor pusat maupun fakultas, dan prasarana kampus seperti instalasi listrik dan air, taman kampus serta sarana olahraga dalam kampus. Dilakukan pula upaya untuk melengkapi dan pengadaan sarana laboratorium di Fakultas Pertanian dan Fakultas Teknik. – Wikipedia

    

Sebagai Perguruan Tinggi Negeri ke-7 di Jawa Timur, Universitas Trunojoyo Madura (UTM) terus berbenah dalam berbagai aspek. hal yang paling serius dibenahi adalah insfrastruktur dan fasiltias di dalam kampus. Beberapa gedung baru telah berdiri megah di area belakang. Pondasi gedung pusat yang rencananya akan menjadi gedung pencakar langit pertama di Madura dengan 10 lantai sudah selesai dipasang dan sedang berlangsung pengerjaan. Ruang Kuliah Bersama (RKB) sekarang sudah memiliki tiga, sehingga tidak lagi kekurangan tempat belajar bagi setiap Mahasiswa UTM.

Ada kampus membuat berkah tersendiri bagi masyarakat di sekitarnya. Betapa tidak, sekarang harga tanah disekitar UTM melangit. Beberapa sawah mulai berganti dengan perumahan yang dijadikan tempat indo kos atau kontrakan bagi mahasiswa UTM yang berasal dari luar daerah. Setidaknya masyarakat Kamal masih memiliki “harta” berharga setelah menurunnya aktifitas ekonomi di Pelabuhan Kamal yang beralih ke Suramadu. Kini UTM merupakan pasar yang mempunyai prospek bagus untuk beberapa pengusaha di Kamal untuk mengembangkan bisnisnya, terutama bisnis penginapan di sekitar kampus.

Ranking Universitas Trunojoyo Madura

Ranking Universitas Trunojoyo Madura
Ranking Universitas Trunojoyo Madura

Proses Praktikum Fisika Teknik Industri UTM

Proses Praktikum Fisika Teknik Industri UTM
 Proses Praktikum Fisika Teknik Industri UTM
Proses Praktikum Fisika Teknik Industri UTM

Proses Praktikum Fisika Teknik Industri UTM

Proses Praktikum Fisika Teknik Industri UTM
Proses Praktikum Fisika Teknik Industri UTM

Friday, May 27, 2011

Arti Perguruan Tinggi Idaman

Arti Perguruan Tinggi Idaman
Secara umum di indonesia, perguruan tinggi merupakan jenjang terakhir dari rangkaian jenjang pendidikan. Dimulai dari tingkat SD, SMP, SMA/SMK, dan yang terakhir adalah Perguruan Tinggi. Di tingkat perguruan tinggi pendidikan sudah diarahkan/difokuskan ke penjurusan, artinya setiap mahasiswa akan dididik sesuai dengan jurusan yang dipilih berdasarkan bakat dan minat yang dimilikinya masing-masing. Sebenarnya penjurusan ini sudah dimulai di tingkat SMA khususnya SMK, namun pendalamannya dilakukan di perguruan tinggi.

Setiap tahun jumlah perguruan tinggi terus bertambah, namun sayangnya peningkatan jumlah tersebut tidak diiringi oleh kualitas yang memadai. Oleh karena itu bagi para calon mahasiswa yang akan melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi, haruslah teliti dalam memilih perguruan tinggi mana yang akan dipilih sebagai tempat kuliah. Usahakan untuk mencari informasi sedetil-detilnya mengenai perguruan tinggi atau program studi yang ingin diambil sebelum melakukan pendaftaran. Bisa dengan melihat brosur, bertanya langsung pada teman, saudara, atau orang lain yang mengenal perguruan tinggi tersebut. Bisa juga dengan mencari informasi melalui internet, baik melalui milis, forum, blog atau websitenya langsung.

Biasanya setiap siswa di tingkat SLTA, sebelum lulus mereka sudah memiliki perguruan tinggi idaman masing-masing. Defenisi perguruan tinggi idaman sendiri bagi setiap orang pasti berbeda-beda. Namun yang pasti semua orang akan mengidamkan masuk ke perguruan tinggi terbaik, bukan?! Kalau ada yang tidak ingin masuk ke perguruan tinggi terbaik, maka motivasi orang tersebut untuk kuliah patut dipertanyakan.

perguruan tinggi idaman adalah perguruan tinggi yang mampu mendidik mahasiswanya menjadi mahasiswa yang berprestasi (dalam maupun di luar kampus) dan menghasilkan lulusan dengan tingkat kompetensi yang baik dalam dunia kerja  serta berjiwa entrepreneur. Dimana para lulusannya tidak hanya dipersiapkan sebagai pekerja tetapi juga dipersiapkan sebagai pencipta lapangan kerja.

Paradigma yang banyak terbangun di kalangan mahasiswa Indonesia selama ini adalah, cepat lulus dengan nilai baik (bahkan cumlaude) setelah itu mencari lowongan kerja di institusi-institusi swasta maupun pemerintah (PNS). Tak heran, banyak sarjana pengangguran di indonesia, karena ketika kesempatan kerja di institusi pemerintah maupun swasta tidak didapatkan, mereka sudah tidak bisa berbuat apa-apa lagi. Lulus cepat dengan nilai baik tentu tidak salah, malah itu sangat baik, tetapi pola pikir yang hanya berorientasi sebagai pencari kerja saja, itu yang salah.  Oleh karena itu pendidikan kewirausahaan di perguruan tinggi perlu kepada setiap mahasiswa untuk membentuk jiwa entrepreneur.

Tips memilih perguruan tinggi bagi yang mau kuliah

Nampaknya kecemasan adik-adik kita di bangku SMA/MA/SMK,  Ujian Nasional hampir setara dengan proses memilih Perguruan Tinggi (PT). Belum lagi bingung dengan diterima atau tidaknya di PT tersebut, kini harus dibingungkan dengan memilih perguruan tinggi yang tepat. Tepat dari segi keinginan, minat, bakat, keuangan, dan Orang tua. Orang tua kadang merasa perlu untuk ikut dalam pengambilan keputusan yang pada dasarnya studi akan dilaksanakan oleh anaknya. Pada umumnya, orang tua memilihkan anaknya dengan jurusan yang bonafit, unggul, dan mudah dalam peluang kerja. Tapi apakah anak enjoy? belum tentu. Demikian itu terkadang membuat adik-adik kita merasa bingung untuk memilih antara bakat dan keinginan orang tua.

             Ada banyak PT begitupun juga dengan jurusannya. Wajar jika menspesifikkannya saja susah. Namun, sangat disarankan agar adik-adik tidak larut dalam kecemasan. Jika keluarga dari kalangan beradatidak ada masalah berarti, tapi tidak halnya pada kalangan yang hanya cukup. Pembiayaan yang mahal menjadi salah satu alasannya. Bila demikian, tentu wajar jika bingung dan pada akhirnya menaruhkan harapan pada jurusan yang tidak menjanjikan dan terkesan ecek-ecek. Semoga ini tidak terjadi pada adik-adik kita yang sebentar lagi akan memasuki masa perkuliahan.
Dari cerita, curhat,  konsultasi oleh adik-adik di SMA, serta dari pengalaman pribadi, maka saya memiliki beberapa kiat-kiat menarik dan semoga bisa diimplementasikan dalam proses memilih dan memilah Perguruan Tinggi.
             Dalam bukunya Wiining A Scholarship, Menurut Erni Murniasih menjelaskan beberapa pertanyaan yang paling utama dialami oleh calon mahasiswa/mahasiswi saat memasuki jenjang perguruan tinggi adalah sebagai berikut   :

    1. Bidang studi apa yang menjadi keinginan dan sesuai dengan bakat anda;
    2. Universitas mana yang tepat dengan bidang studinya;
    3. Bagaimana lingkungan Perguruan Tingginya;
    4. Universitas pada peringkat keberapa tingkat lokal ataupun internasional;
    5. Berapa biaya kuliah, dan biaya hidup selama kuliah.

              Maka dari itu, setidaknya ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian Anda dalam mempersiapkan diri menjadi seorang mahasiswa/mahasiswi. Berikut ini beberapa kiat-kiat menarik untuk Anda simak sebelum menjadi mahasiswa nantinya.
Kenali Minat dan Bakat Anda
Minat dan bakat sangat menentukan masa depan perjalanan kuliah Anda ke depannya. Ini akan memudahkan untuk memilih program studi yang sesuai serta memacu Anda untuk menyelesaikan masa studi tepat waktu. Bila dari awal sudah tidak berminat dengan program studi yang dilakoni, maka sangat sukar untuk bisa mencapai hasil yang maksimal. Tidak jarang juga calon mahasiswa/i terpengaruh dengan trend dan ajakan teman-temannya. Maka dari itu, jauh lebih baik jika melibatkan orang tua, alumni serta mahasiswa yang baik dalam catatan perkuliahannya untuk berdiskusi.
Kemampuan Keuangan
Perlu disadari bahwa selama kuliah Anda masih tergantung dengan biaya orang tua. Maka dari itu, pertimbankan dengan matang kebutuhan biaya selama masa studi nanti agar tidak terlalu membebani orang tua. Setidak ada beberapa komponen biaya yang umumnya dibutuhkan oleh mahasiswa, yakni biaya kuliah dan biaya hidup selama masa studi. Biaya kuliah ini mencakup pembiayaan kebijakan Perguruan Tinggi seperti uang pendaftaran, uang masuk, SPP, uang gedung, uang SKS, uang praktikum, uang almamater serta masih banyak pembiayaan lain. Sedangkan untuk biaya hidup juga tidak kalah pentingnya, mulai dari biaya kost/kontrakan, biaya transportasi, biaya makan, serta uang buku penunjang selama studi. Sebagai solusi, mungkin ada baiknya untuk meminta bantuan saudara atau keluarga dekat sebagai untuk dapat tinggal bersama dengan mereka.
Pastikan bahwa Anda paham betul dengan semua jumlah dan prosedur pembiayaanya. Biasanya setiap Perguruan Tinggi memiliki jumlah pembiayaan yang beragam, mulai dari program prestasi, kemitraan, serta mandiri, tergantung dari program Perguruan Tinggi yang Anda masuki. Begitupun halnya dengan prosedur pembiayaannya, pihak Perguruan Tinggi tentu memiliki batas waktu tertentu untuk membayar serta lokasi dan aturan penunaiannya. Maka pastikan Anda benar-benar mengetahui semua itu.
Peluang Kerja
Pandai-pandailah melihat peluang kerja dari jurusan atau program studi yang Anda masuki. Karena di era globalisasi seperti saat ini kompetisi kerja semakin meningkat. Sebagai akedemisi muda dan juga calon mahasiswa Anda dituntun untuk berpikir lebih dini tentang peluang kerja ke depan. Permasalahan peluang kerja ini acap kali menjadi pertimbangan khusus calon mahasiswa. Bahkan beberapa calon mahasiswa tidak berani mengambil prodi (program studi) tertentu karena merasa prospek pekerjaan yang dituju kurang menarik.
Namun, jika Anda berfikir sedikit lebih luas dan positif, maka tidak sukar menemukan jalan keluar yang menjadi kunci kesuksesan. Pada dasarnya prodi / jurusan apapun memiliki prospek yang sangat luas, tidak hanya di dalam negeri tapi juga di luar negeri. Bahkan Anda sendiri yang berkesempatan membuat peluang kerja itu. Saat ini sedang gencarnya program-progam kewirusahaan yang ditawarkan oleh beberapa instansi pendidikan. Dengan demikian Anda bisa mencoba berwirausaha sesuai dengan bidang yang Anda geluti.
Profil Perguruan Tinggi
Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan ketika memilih Perguruan Tinggi untuk Anda labui nantinya.
Pertama,
kenali reputasi dan akreditasi Perguruan Tinggi yang dipilih. Selidikilah terlebih dahulu reputasi perguruan tinggi yang ingin Anda masuki. Reputasi Perguruan Tinggi juga memiliki pengaruh yang cukup besar saat berada dalam bursa kerja. Bukan berarti Anda mudah terlena dengan akreditasi Perguruan Tinggi, tapi justru jurusannya tidak begitu baik akreditasinya. Sebagian Perguruan Tinggi memiliki akreditasi yang beragam dari setiap jurusan. Selain itu, telusuri pula kemungkinan adanya peluang untuk mendapatkan kesempatan untuk memperoleh beasiswa.
Kedua,
ketahui fasilitas Perguruan Tinggi yang tersedia. Fasilitas yang disediakan juga perlu menjadi perhatian.  Era digital dan internet sekarang ini hampir tidak ada kesulitan untuk mencari informasi.tentang profil Perguruan Tinggi tertentu. Anda juga bisa menanyakannya dari mahasiswa Perguruan Tinggi tersebut. Fasilitas utama yang harus diketahui dari suatu perguruan tinggi adalah seberapa baik dan lengkapnya fasilitas seperti laboratorium, studio dan perpustakaan yang dimiliki.
Ketiga,
selidiki kualitas dan kuantitas dosennya. Hal yang tidak kalah pentingnya untuk menunjang perkuliahan Anda nantinya adalah dosen. Menjadi perlu untuk diketahui bagaimaa kuantitas, dosennya, karena semakin banyak dosennya maka besar peluang perkuliahan akan lancer. Biasanya Perguruan Tinggi dengan jumlah dosen yang minim, seringkali “menumbalkan” pengajarannya karena kesibukan dosennya. Begitupun halnya dengan kualitas dosen, lebih krusial dibanding kuantitas. Reputasi pendidikan dosen sangat menentukan efektifitas metode mengajarnya. Biasanya dapat dilihat dari jenjang pendidikan serta pengalamannya di bidang ilmu pengetahuan dan pennelitian, selain itu juga dapat ditinjau melalui pernghargaan yang pernah dicapainya.

Tingginya biaya kulah d PTN

Biaya pendidikan perguruan tinggi negeri (PTN) ini sulit dijangkau masyarakat menengah ke bawah, sehingga banyak generasi muda berprestasi tidak mendapat akses untuk mengenyam ilmu di universitas negeri. Dengan adanya otonomi perguruan tinggi negeri (PTN), maka PTN dapat dengan susuka hati untuk menentukan uang kuliah dalam penerimaan calon mahasiswa baru, sehingga masyarakat kecil menjadi sulit mendapatkan akses pendidikan di universitas.Dalam penerimaan mahasiswa melalui jalur reguler mandiri, penerimaan mahasiswa memerlukan uang masuk yang lebih mahal dan menawarkan keuntungan yang lebih besar pula pada perguruan tinggi. Meski dalam PP nomor 66 tahun 2010 dinyatakan, PTN wajib menerima 60 persen mahasiswa melalui seleksi masuk perguruan tinggi (SMPTN) dan 40 persen melalui program leguer mandiri, namun tidak mampu untuk menampung banyaknya generasi muda dari keluarga tidak mampu yang ingin melanjutkan pendidikan di PTN.

Lambang universitas Trunojoyo Madura

Lambang universitas Trunojoyo Madura
Lambang universitas Trunojoyo Madura

PRESTASI UKM PSHT UTM PADA POMDA JATIM 2011

PRESTASI UKM PSHT UTM PADA POMDA JATIM 2011

PRESTASI UKM PSHT UTM PADA POMDA JATIM 2011

Pada tgl 17-21 April 2011 Kontingen UKM PSHT Universitas Trunojoyo mengikuti event POMDA JATIM 2011 Cabang Olahraga Pencak Silat yang diselenggarakan di Universitas Negeri Malang.
Alhamdulillah berkat rahmat tuhana yang maha esa, akhirnya Kontingen Universitas Trunojoyo berhasil mendapat satu medali emas dan satu medali perak. Prestasi tersebut sangat membanggakan, mengingat event ini adalah event perdana UKM PSHT mengikuti kejuaraan pencak silat.  POMDA JATIM 2011 Cabang Olahraga Pencak Silat diikuti oleh 165 peserta dari berbagai PTN dan PTS di Jawa Timur. Hampir semua peserta yang mengikuti event ini dikirim melalui UKM PSHT di Universitasnya masing-masing. Hal tersebut menunjukkan bahwa UKM PSHT mempunyai potensi yang besar untuk berkembang dan menjalin kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi di Jawa Timur.

Sunday, May 8, 2011

Seputar Teknik Industri

Seorang teknik industri adalah seorang yang berhadapan dengan sistem.
Mereka mempunyai kemampuan untuk:
1. merancang,
2. mengimplementasi
3. maupun meningkatkan sebuah sistem terintegrasi yang terdiri dari manusia, mesin, material, informasi, atau energi. Seorang teknik industri dapat menemukan cara yang lebih baik dalam hal apapun.

Kata kunci teknik industri adalah produktifitas, efektivitas, dan efisiensi.
Karir yang dapat ditempuh seorang mahasiswa teknik industri setelah lulus adalah:
1. production engineers
2. supply chain managers
3. operation analysts
4. quality engineers, and information system analysts.
5. Bidang yang digeluti juga sangat luas, segala macam bisnis, perusahaan, maupun pemerintahan yang menginginkan peningkatan kinerja dan mengurangi biaya membutuhkan seorang teknik industri. Selain itu juga, banyak lulusan teknik industri yang membuat usaha sendiri maupun masuk ke dalam konsultan.

Teknik industri merupakan program studi yang menantang, berkualitas dan penuh peluang. Tidak ada tempat yang tidak akan dapat kamu tuju dengan menjadi sarjana teknik industri
Bidang keahlian
Pada dasarnya, ilmu Teknik Industri dapat dibagi ke dalam tiga bidang keahlian.
•    Sistem Manufaktur
Sistem Manufaktur adalah sebuah sistem yang memanfaatkan pendekatan teknik industri untuk peningkatan kualitas, produktivitas, dan efisiensi sistem integral yang terdiri dari manusia, mesin, material, energi, dan informasi melalui proses perancangan, perencanaan, pengoperasian, pengendalian, pemeliharaan, dan perbaikan dengan menjaga keselarasan aspek manusia dan lingkungan kerjanya. Jenis bidang keilmuan yang dipelajari dalam Sistem Manufaktur ini antara lain adalah Sistem Produksi, Perencanaan dan Pengendalian Produksi, Pemodelan Sistem, Perancangan Tata Letak Pabrik, dan Ergonomi.
•    Manajemen Industri
Bidang keahlian Manajemen Industri adalah bidang keahlian yang memanfaatkan pendekatan teknik industri untuk penciptaan dan peningkatan nilai sistem usaha melalui fungsi dan proses manajemen dengan bertumpu pada keunggulan sumber daya insani dalam menghadapi lingkungan usaha yang dinamis. Jenis bidang keilmuan yang dipelajari dalam Manajemen Industri antara lain adalah Manajemen Keuangan, Manajemen Kualitas, Manajemen Inovasi, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Pemasaran, Manajemen Keputusan dan Ekonomi Teknik.
•    Sistem Industri dan Tekno Ekonomi
Bidang keahlian Sistem Industri dan Tekno-Ekonomi adalah bidang keahlian yang memanfaatkan pendekatan teknik industri untuk peningkatan daya saing sistem integral yang terdiri atas tenaga kerja, bahan baku, energi, informasi, teknologi, dan infrastruktur yang berinteraksi dengan komunitas bisnis, masyarakat, dan pemerintah. Bidang keilmuan yang dipelajari di dalam Sistem Industri dan Tekno Ekonomi antara lain adalah Statistika Industri, Sistem Logistik, Logika Pemrograman, Operational Research, dan Sistem Basis Data

Thursday, May 5, 2011

Lambang universitas Trunojoyo Madura

Lambang universitas Trunojoyo Madura
Lambang universitas Trunojoyo Madura

Wednesday, May 4, 2011

Hari Pendidikan Nasional di Universitas Trunojoyo

Hari Pendidikan adalah jatuh tanggal 2 mei,begitu juga dengan pendidikan yang ada di UTM juga melakukan rutinitas yang sama yaitu mengadakan upacara. Upacara yang dilangsungkan di depan kantor pusat ini dihadiri oleh semua elemen masyarakat UTM. Mulai dari pimpinan tertinggi UTM yaitu Prof Dr. Ir. H. Ariffin, MS selaku Rektor UTM, Drs. bambang sabariman ST.,MT selaku Pembantu rektor I, Dr. Ir. Slamet Subari, M.Si selaku pembantu rektor II, H. Boedi Mustiko SH.,M.Hum selaku pembantu rektor III dan beserta senat UTM, serta para dosen, para staf, mahasiswa.

Upacara peringatan hari pendidikan nasional tesebut dimulai sekitar jam 08.00 pagi yang dipimpin oleh salah satu anggota Resimen Mahasiswa UTM (MENWA). Pembina upaca dipegang langsung oleh Rektor UTM yaitu Prof Dr. Ir. H. Ariffin, MS. Agar upacara tersebut berlangsung khidmat tanpa gangguan apapun, maka para security menutup jalan kendaraan yang mengarah ke kantor pusat dan dialihkan ke jalur barat yaitu jalur Fakultas Pertanian.

Sunday, May 1, 2011

Sejarah Fakultas Ekonomi UTM

Sejarah
Proses perubahan Universitas Trunojoyo menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 85 Tahun 2001 tertanggal 5 Juli 2001, yang diresmikan oleh Menteri Sekretaris Negara RI pada tanggal 23 Juli 2001.

Bersamaan dengan pengusulan penegerian, pada tahun akademik 2001/2002, Fakultas Pertanian Unijoyo menambah tiga program studi baru yaitu: Ekonomi Manajemen, Akuntansi, dan IESP. Hal ini dilakukan untuk  memenuhi tuntutan dan mengantisipasi kebutuhan pasar sejalan dengan dibangunnya jembatan SURAMADU. Status Perguruan Tinggi Negeri yang baru bagi Unijoyo merupakan momentum untuk meningkatkan daya panggil bagi lulusan SMU di Pulau Madura khususnya dan di Jawa Timur pada umumnya.
Fakultas Ekonomi sendiri mempunyai 4 jurusan sampai sekarang yakni :
1. Jurusan Akuntansi
2. Jurusan Manajemen
3. jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembanguan
4. Akutansi Publik

LinkWithin